Masjidil Haram

Setelah menyelesaikan seluruh ibadah di Madinah saya dan rombongan di jadwalkan untuk menjalani ibadah umroh di Masjidil Haram Mekkah. Perjalanan dari Madinah ke Mekkah di tempuh selama kurang lebih 6 jam. Dari hotel kami di jemput jam 2 siang untuk di antarkan ambil miqot di bir Ali. Jadi kalu kita mau umroh kita di wajibkan mengambil niat di luar kota Makkah,nah kalau kita berangkat dari Madinah maka tempat miqot nya di masjid bir Ali ini.
Bir Ali mosque
Setelah ambil niat ihram di bir Ali kita sudah harus suci serta harus menghindari hal2 yang membatalkan ihram. Perjalanan kembali di lanjutkan ke Makkah. Kita sampai di Makkah sekitar pukul 11 malam. Subhanallah Masjidil Haram itu benar2 menakjubkan dan bikin merinding. Rombongan kita menginap di hotel Ajyad Makkarim,kira2 500m dari Masjidil Harom. Selesai check in di hotel kita langsung menunaikan ibadah umroh.
menara Masjidil Haram
Ibadah umroh di malam hari itu jauh lebih ringan di banding kala siang hari,mengapa?karena tidak panas dan tidak berdesak desakan. Pertama masuk masjid saya sudah merinding duluan. Begitu melihat ka' bah lutut saya lemas dan akhirnya saya nangis2 di depannya. Pengalaman pertama melihat dan masuk ke rumah Allah itu rasanya campur aduk. Sambil nulis ini pun saya masih pengen nangis sangking harunya. Saya menjalankan ibadah umroh sampai jam 2 malam dengan lancar.
ka'bah di malam hari
Saya mau bercerita sedikit tentang keadaan di sekitar masjidil Haram. Jadi masjidil haram ini punya 100 pintu kalau gak salah. Jadi anda harus apal patokannya kalau pulang ke hotel lewat pintu mana. Dan kalau anda masuknya pakai kendaraan anda harus keluar lewat basement dan harus apal juga basement pintu berapa. Jamaah hilang sangat sering terjadi di sini. Saya pun sempet menemani ibu2 tua asal Jember yang nyasar.Kasiannya bahkan mereka tak tahu nama hotelnya dan pihak tournya pun sulit sekali di hubungi. Jadi pilihan tour juga harus di pilih dengan benar jangan sampai anda terlantar di tanah suci.
Saat ini Masjidil Haram sedang berbenah besar2an jadi jangan di tanya debu nya seperti apa. Perjalanan hotel-Masjidil Haram yang hanya 500m itu saya tempuh dgn perlengkapan full kalau pas dzuhur. Masker,kacamata,kaos kaki adalah hal yang wajib di pakai kalau keluar hotel. Suhu di Mekkah ini relatif lebih panas daripada Madinah, di siang hari bisa mencapai 45 derajat Celcius.
Menurut saya fisik benar2 harus fit ketika menunaikan ibadah umroh ini. Beda dengan Madinah yang masjidnya sudah terpisah antara pintu wanita dan lelaki, di Makkah kita musti nyari sendiri mana tempat ibadah buat para wanita.Dan yang heboh lagi kalo di Madinah kan seluruh masjid ber AC jadi sejuk lah di Makkah hanya yang tertutup di dalam masjid saja yang ber AC sisa nya panas membara.
Setelah blusukan berkali2 di masjidil haram maka saya menemukan tempat ibadah wanita yang nyaman dan ber AC yaitu di pintu 98.
Masjidil Haram berbenah
Hari ketiga di Makkah kita di ajak untuk city tour ke daerah sekeliling Makkah. Sekali lagi saya hampir mabok saking kepanasannya. Jadi kita di bawa ke daerah mina,padang arafah dan jabal rahma. Highway di Arab ini kering kerontang dan berdebu. Gunung2 batu menjulang di hampir setiap spot.
gunung batu dan gurun
tenda di Arafah
  Melihat tenda-tenda di padang Arafah saya jadi mbatin ini kalau musim haji kayak gimana penuh dan panasnya. Semoga saya di beri kekuatan dan kesempatan untuk menunaikan ibadah haji,itu saja yang saya ucapkan ketika keliling Arafah. Kita mampir agak lama di jabal Rahma,pada berdoa minta jodoh gitu deh,termasuk saya (mbatin lagi). Pulang dari city tour kita mampir lagi di sebuah masjid untuk ambil miqot bagi yang mau umroh lagi. Berhubung saya kmarennya udah umroh untuk yang kedua kali nya saya gak ambil miqot waktu itu. Fisik saya sudah cukup teler buat umroh lagi.
Bisa di bilang ketika di Makkah ini tenaga saya benar2 habis,tawaf yang berdesakan,panas,debu dan pengap nya udara sudah benar2 menggerogoti fisik saya. Bahkan saya gak sempet untuk sekedar window shoping di sekitar masjidil haram seperti ketika di Madinah. Hari itu selesai sholat ashar saya menyempatkan diri untuk berkeliling di sekitar masjid sekedar untuk melepas lelah dan cari yogurt. Oh iya informasi aja yogurt dan jus buah di arab ini enak banget rasanya murah meriah pula.Merk yang saya suka Caesar,jus mangga nya mantap lah. Eh ternyata kalau sore2 itu di pelataran Masjidil Haram banyak merpati bagus banget deh suasana nya.
pelataran Masjidil Haram
Hari keempat di Makkah kita akan pulang via Jeddah. Jadi hari terakhir saya di Makkah benar2 saya maksimalkan. Pagi selepas subuh saya nyicil tawaf wada yaitu tawaf perpisahan. Ketika sedang tawaf dengan sangat mudah saya bisa masuk ke hijr Ismail subhanallah jalan saya di mudahkan untuk bisa sholat di dalam hijr Ismail. Sholat 2 rakaat di dalam hijr Ismail itu sama hal nya dengan masuk ke dalam Ka'bah. Selesai sholat saya melanjutkan tawaf dan berdoa di multazam. Sebelum dzuhur saya kembali ke Masjidil Haram melanjutkan tawaf wada. Sesepas sholat dzuhur kita di jemput di hotel dan di antar ke hotel di Jeddah. Selesai sudah rangkaian ibadah umroh saya. Kita akan berada di Jeddah selama 1 hari,istirahat dan shoping lah agendanya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Trip ke Seoul, Kiblat nya Para K-Pop Lover

An amazing Eastern Europe Trip

Obsesi Game of Throne di Andalusia