Jeddah kota Metropolis

Perjalanan dari Makkah ke Jedah kita tempuh dalam waktu 2 jam. Saya menginap di Holiday Inn Jeddah. Lokasi hotelnya jauh dari pusat kota tapi dekat dengan bandara king abdul aziz. Selepas makan malam kita di antar untuk berkeliling kota,berbelanja lebih tepatnya. Di jeddah ini aturan berbusananya tidak seketat Madinah dan Makkah,bahkan di Cornice (pusat perbelanjaan) di Jeddah banyak wanita2 yang dengan entengnya melenggang tanpa jilbab. Cornice ini lebih mirip pasar lah ketimbang mall. Segala hal ada di sini. Saya memutuskan untuk membeli sedikit oleh2 di sebuah toko di Cornice ini.
Kalau saya belanja sekadarnya, ada loh temen serombongan saya yang ampe kopernya ber anak pinak. Agak speachless sih secara barang-barang yang dia beli itu ada loh di tanah abang. Baru kali ini saya ikut tour dan terharu ama attitude bangsa kita yang kata nya miskin,hoii ini orang2 yang sama saya ini tajir melintir begini.
Malam itu saya benar2 istirahat sampe puas,pagi bangun cuma buat sholat subuh trus lanjut tidur lagi ampe siang. Selepas dzuhur kita di jemput untuk berkeliling ke laut merah sekalian check out. Laut merah itu warna nya gak merah loh,warnanya tetep biru. Kita berkeliling sampai ashar di seputar masjid apung dan laut merah ini.
masjid apung
with floating mosque

Puas muter-muter di sekitar laut merah kita langsung di drop ke bandara king abdul aziz. Rencananya kita bakal transit di Riyadh,jadi rute terbangnya Jeddah-Riyadh-Jakarta. Di bandara kita ketemu mbak mbak turki yang modis itu. Duh seneng liat cara mereka berpakaian,syar'i dan cantik
turkis girl
Brangkat dari Jeddah sekitar jam 7 malam dan sampai di Indonesia udah jam 1 siang ajah.Kita lama terkatung2 di Riyadh. Alhamdulilah selesailah rangkaian perjalanan umroh 9 hari saya. I'm happy then thanks Allah.