Nutup 2012 di Ranu kumbolo

Akhir taun 2012 lalu saya menagih janji saudara Anggia Zulfikar buat nemenin ke Ranu kumbolo. Sejak jaman kuliah saya sangat tertarik buat melihat the famous ranu kumbolo. Kenapa baru tercapai ke ranu kumbolo nya sekarang?karena dulu itu suka sok sibuk dan kapok treking. Ter stimulasi oleh film 5 cm yang fenomenal, saya jadi inget keinginan buat ke ranu kumbolo itu.
Jadi sudah di tetapkan bahwa saya bakal bawa 2 orang teman yaitu purna dan intan. Saya gak tau neh anggi bawa berapa orang. Pokoknya kita janjian di Ranu pane hari sabtu tgl 30 Desember 2012 jam 10 pagi. Anggi cuma ngasih arahan bahwa harus bikin surat keterangan sehat dari puskesmas dan materei buat perijinan Ranu Pane. Segala logistik dan peralatan sudah di bawa naik duluan ama Anggi cs. Jadi ceritanya anggi cs udah naek duluan ke atas semalam sebelumny. Kita gak ikutan karena msh sok sibuk kerja.
Pagi- pagi jam 7 saya sudah berangkat dari rumah dan di anterin sampe pasar tumpang ama kakak saya. Sampai pasar tumpang sekitar jam 9 clingak clinguk lah kita, ini mana jeep ny buat ke ranu pani. Setelah tanya kanan kiri ternyata jeep ny antri, untung nya gak lama lewat truk sayur yang penuh manusia yang mau ke ranu pani. Jadi walhasil kita berdiri di truk sayur selama 2 jam dari pasar tumpang sampai ranu pani. Capek sudah pasti, tapi pemandangan kanan kiri selama 2 jam itu luar biasa indahnya. Langsung lupa ama hutan beton nya Jakarta.
Ranu Pani
pos perijinan
Rombongan kita sampai di perijinan ranu pani sekitar jam 11 siang. Kita langsung ambil form dan ngurus perijinan yang antrianny naudzubilah. Sambil nunggu di panggil di perijinan kita mulai was2,clingak clinguk nyari sosok Anggia. Di ranu pani ini sinyal hp sudah lenyap dari peredaran,itu bikin kita cuma ngandalin on time janjian ama anggia. Oh iya soal form perijinan,jadi di form ini kita di tanya soal bawaan yang di bawa dari logistik,tenda ampe baju ganti.Dan jeng2 kita bner2 kayak orang bego cma bawa ransel daypack yang isi nya baju ganti ama camilan duh gustiii. Ketika tiba giliran kita di wawancara di perijinan matilah kita di cecar perkara bawaan yang minimalis it,sampe gaya pakaian juga di komentari,katanya kayak orang mau nge mall. Good starting point lah acara di ranu pani ini. Pas selesai urusan perijinan yang memalukan itu pas anggi datang,spontan jerit di depan pos kayak nemu matahari di tengah gelapnya malam.
Jadi Anggi malam sebelumnya naik ama 3 orang temannya,1 pulang skalian jemput ak di ranu pani,1 nemenin kita naik lagi,dan yang satu lagi jaga tenda di ranu kumbolo. Perjalanan ke ranu kumbolo kita mulai sekitar jam 1. Anggi bilang kita kudu cepet biar gak keburu gelap karena pada gak bawa senter.
view sbelum naik bukit
Track ranu kumbolo ini ibarat orang joging, pace nya langsung di pacu di awal acara ,kagak di kasih waktu buat pemanasan dulu .Di awal pendakian ampe pos1 ampun2 dah kita harus melewati tanjakan yang menukik berkali-kali. Sampai di pos 1 kita wez ngos2 an. Tapi entah kenapa enjoyable banget view sekitarnya ,jadi walo udah ngumpat kecapekan tetep aja cekikikan sambil terus jalan. Lepas dari pos 1 jalannya lumayan datar dan monoton, tapi gak lama ujan deres banget. Kondisi ujan deres,becek,capek bikin mood turun drastis. Ketika melewati tanjakan curam dekat pos 3 banyak korban bergelimpangan. Sebenernya masalah utama dari para korban itu satu hal mereka sok jagoan naek gunung pke sendal kamar mandi.Trus himbauan bagi para wanita menye2 please klo situ istirohat,nangis,muntah minggir aj coy jgn ngalangin jalan. Setelah lumayan terdramatisir oleh manusia2 ajaib di tanjakan2 itu, sampai juga kita di ranu kumbolo. Kabar baiknya kita berjalan lebih cepat dari schedule,kabar buruknya tenda kita bocor.
view dari atas pas abis ujan
Suasana sekitar danau udah colourfull ketika kita sampai. Tenda-tenda warna-warni tergelar rapet kayak pasar. Sambil ujan-ujanan anggia mendirikan tenda kedua sedangkan yang lain pada nelapin tenda yang bocor. Tenda bocor ini adalah awal dari bencana malam panjang yang menyayat lemak sodara2. Selesai berbenah plus bersih2 badan kita masak,lapar pemirsa. Masakannya enak soalnya gak ada opsi lagi hahahaha. Setelah selesai dengan urusan logistik dimulailah penderitaan kita. Tenda itu ukuran midi yang sebenarnya cukup untuk orang 3. Masalahnya adalah tenda itu di tidurin oleh orang 4, 3 cewek 1 cowok. Duingin nya udah kayak es. Sebagai anggota yang diyakini punya cadangan lemak tinggi saya di taruh pinggir. Itu kain tenda kayak es dinginnya kalau kena badan.Akhirnya semalaman kita berempat gak ada yang bisa tidur. Bagaimana nasib anggia dan saprol di tenda sebelah?mereka tidur ampe ngorok2 luar biasa indahnya.
warna warni camping ground
Pagi-pagi setelah sarapan saya,intan dan purna memutuskan buat walking around. Mengobati luka hati gara-gara gak bisa tidur semalaman ini ceritanya.But over all ranu kumbolo ini emang cetar lah indahnya. Perpaduan antara danau yang mistis,bukit teletubies ama kabut yang sesekali menyapu permukaan danau merupakan pemandangan yang tidak dapat digantikan oleh kamera sebagus apapun.
bukit hijau ama bayanganny
sunrise and me
Sebenernya sunrise di sini gak seberapa keliatan,soalnya mataharinya sembunyi di balik bukit. Kata anggia kalau mau liat sunrise kudu naik dulu nglewatin tanjakan cinta. Tapi karena kita semalamn gak tidur plus kudu nyimpen energi buat balik di siang hari kita melupakan dulu impian liat sunrise di balik bukit. Oh iya kita menyusuri danau ini sampai ke ujung jalan tempat patok ranu kumbolo. Di balik patok ranu kumbolo sudah terhampar tanjakan cinta yang nanjaknya luar biasa.
kabutnya menyapu danau
welcome to ranu kumbolo girls
Setelah puas berjalan-jalan di sekitar danau kita balik ke tenda buat berbenah balik ke ranu pani. Di tengah perjalanan ke tenda kita di sindir ama rombongan lain yang mau muncak katanya kalau cuma ampe ranu kumbolo nilainya C. Ya mas nya kapan2 saya tak nyari nilai A ke puncak mahameru.
Sepanjang acara turun ke bawah kita masih ambil poto-poto si ranu kumbolo. Sampai di pos 3 ujan deras mendera. Walhasil kita turun dengan kecepatan penuh,setengah berlari biar gak kedinginan. Di sepanjang jalan kita ketemu mbak-mbak yang melas banget mreka naek gunung pke sendal tali temali plus pake rok bayangin aja deh gimana ribetnya mereka. Pesan moral dari perjalanan ini ialah jangan sekali2 naik gunung pke sedal swalow,plus hindarilah tidur di tenda yang abis bocor.
poto ranu kumbolo pas cerah