Obsesi Game of Throne di Andalusia

 

Brief Introduction

Obsesi Game of Throne. Iya walau si film nih season awal nya kualitasnya macem dragon, dan semakin menyerupai cacing di ending nya (macem proposal PhD ye kan) saya jatuh cinta sama pemilihan lokasi syuting nya. Ketika saya mendarat di Eropa, si Kings Landing, Kings Road and Dorne ini ada di top list place to visit saya. Kings Landing yang bertengger di Dubrovnic Kroasia belum sempet saya kunjungi sampai detik ini mengingat peraturan visa yang bikin males. September 2020 kemaren sebenarnya saya berencana ke Cambridge dan sudah tentu ada di list bahwa saya akan extend ke Belfast buat liat si kings road, dan datanglah masa pandemic tak berujung yang bikin saya give up buat ke Belfast. Untungnya di tahun kedua saya di Eropa saya di beri kesempatan tuk mengunjungi Sevilla, the Dorne of game of throne.

Kala itu chrismast holiday tahun 2018, setelah menjalani chrismast yang sungguh krik krik di Ghent tahun 2017, saya berjanji no more Chrismast holiday di kampung tercinta saya ini. Kala itu jugak saya lagi dalam term bertanya opo iyo wong Spanyol ki ganteng kabeh macem si ‘dia-yang-nama-nya-macem-bintang-telenovela’ di lab micro itu ? Sebagai researcher sejati perlu dong hamba pembuktian, visiting ke kampungnya si bintang telenovela yang bikin saya sampe lupa ngitungin dilution sample gegara si tongkrongin si mata coklat ini.

Finally setelah mengucap bismilah dan tak lupa berterima kasih sama mas Ryan air atas diskon an tiket pesawatnya, di belilah tiket dengan rute Brussel-Sevilla-Barcelona-Brussel. Saya lupa berapa persisnya harga tiket nya, tapi percalah gak lebih dari 100 euro. Dan trip kali ini harus lebih manusiawi karena kita bawa balita dan anak-anak (iya anaknya gagal ke bar nonton flamenco dance).

Tujuan utama dari trip ini adalah muterin Andalusia yang bangunannya kecampur ama budaya maroko, which is different dari bangunan-bangunan di dataran eropa lain nya yang itu itu ajah. Jadi rute trip yang ambisius kita ialah Brussel-Sevilla-Granada-Cordoba-Sevilla-Barcelona-Brussel. Saking ogah rugi dan pengiritannya, kita cuma stay di tiap lokasi 2 malam (maksimal), bahkan untuk Granada dan Cordoba kita cuma stay 1 malam saja. Dan in total per person abisnya sekitar 400 euro dengan pengeluaran terbesar di tiket nontor Barcelona di camp nou.

How can I am not fall in love from the first sight cobak

City of Dorne in a Glaze

Setelah muterin Eropa selama 3 tahun, tiap di tanya kota favorit kamu apa sih?pilihan saya masih jatuh pada kota Sevilla. Iya se cinta itu saya ama kota ini. I am not a city girl, saya lebih doyan tinggal di kota yang medium size ajah, walau ukuran baju saya blum pernah reach size M. Kenapa cinta ama Sevilla? Kota nya cantik, tertata rapi, dengan jalan-jalan utama yang penuh pohon jeruk, kesempatan di panggil sweet heart ama bakul paella yang tampangnya macem Jose Armando nya Maria Mercedes tinggi, plus murah meriah. Iya saya yang gak paham Spanish selain ‘mi amor ama solamente tu’ nih mengalami kesulitan berkomunikasi ketika order makanan. Dan at one day saya ke cafeteria local, yang cara nulis pesenan nya di dinding keramik pake nama kita, trus kalo pesenan selesai kita di panggil kenceng2 “PUPUT SWEET HEART HERE IS YOUR ORDER” ya gimana saya gak langsung berdiri kaget dan pengen loncat-loncat di panggil sweetheart ama Jose Armando bakul Paela.

OK saya terlalu excited cerita pengalaman di panggil sweet heart, back to the main story. Hari pertama di Sevilla kita menghabiskan waktu dengan terpana dengan gang-gang eksotis, sibuk foto, setiap sudut menarik, setiap gang pose. Dari hotel ke istana real alcazar yang mestinya ditempuh dalam waktu 15 menit molor jadi ½ jam. So,apa saja sih yang kalian bisa lakukan selain nongkrongin mas-mas telenovela itu di Sevilla?

 

tempat kejadian perkara 'sweet heart'

a. Sesi Pemotretan di Real Alcazar

Jadi si istana ini adalah tempat syuting si Game of Throne, yes water castle tempat si anaknya Cersie pacaran sembari lari-lari di taman ama anaknya si sultan Dorne. Istana dengan aroma ukiran khas islami yang sangat kental ini merupakan highlight dari istana ini. Percayalah kalian bisa spend more than 3 hours cuma buat mlongo sembari jeprat jepret gak jelas di istana ini. Istana ini super luas juga, karena selain bangunan utama, dia juga punya water castle yang merupakan area taman lengkap dengan labirin, air mancur, dan area merenung di bawah pohon jeruk. Saya tidak ingat lagi berapa entrance fee nya tapi, jika anda adalah student dengan usia less than 26 diskon nya gede banget. Intinya di Eropa nih age does matter (zebelllll) 

maafkan jilbab hamba yang udah gak centre gitu

 
water castle nya yorobun

b. Ngitungin Jendelanya Plaza de Espana

Plaza alias lapangan ini sungguh menawan, entah dulu arsiteknya terpikir oleh apa bisa bikin ‘kantor kabupaten’ yang fasadnya jendela semua begini. Iya jadi main building di plaza de espana ini adalah kantor pemerintahan. Kebayang dong kalo saya jadi mbak-mbak PNS yang ngantor nya di plaza espana, bisa posting di IG tiap 5 menit saya. Tapi si plaza ini isinya ya typical plaza di Eropa, isinya bangunan, kanal, air mancur ama lapangan, jadi bisa di selesaikan dalam waktu singkat, kecuali kalian typical mbak-mbak/mas-mas perfeksionis yang kalo foto nya miring dikit sesi pemotretan DIULANG.

kantor pemerintahan nya begini

c. Rapat di Plaza de Torros

Inget nggak lokasi mbak Daenerys rapat ama para master di stadion trus di jemput ama dragon nya. Iya lokasi ini ada di Sevilla jugak. Arena yang dulu nya di pakai buat adu matador, sekarang jadi museum yang menawan. Di museum ini di tampilkan photo para pawang-pawang banteng pada masa nya lengkap dengan atribut dan poster acaranya. Di akhir kunjungan kita bisa jugak poto-poto norak di lapangan banteng ini. Sayang sekali pulangnya kita mesti jalan kaki, nggak dijemput dragon kayak si Daenerys.

For sure you can maintain social distancing kalo rapat di sini

d. Nongkrong di Plaza Mercado de encarnation

Sesungguhnya saya masih gak tau dengan jelas fungsi dari plaza yang satu ini selain buat atraksi music dan tempat nongkrong. Bangunan baru yang cukup impressive dengan lekuk lekuk payung berwana putih ini kurang jelas pemanfaatannya. Mungkin kalau kalian punya waktu buat nongkrongin sunset, atap nya si plaza ini cukup menarik buat aktivitas itu.

at that moment kita gak bisa masuk dan naik ke atap payung nya si plaza ini

Al Hambra of Granada

Saya ke Granada ketika para penggemar drakor lagi kalab di suguhin mamas Hyunbin dengan drama baru nya memories of al hambra (yang mana si mamas berakhir jadi butiran garam dapur itu). Jelas teman-teman saya heboh menuduh saya ngebela-bela in ke al hambra buat si mamas, padahal kala itu nonton drama nya aja belum. Al Hambra ini sudah ada di list saya sejak jaman saya lagi gemar baca buku sejarah islam di Eropa. Bahwa di selatan Spanyol dulu ada kerajaan islam besar yang begitu jaya nya. Dan setelah sampai Granada saya langsung jatuh cinta, cinta yang berbeda dengan Sevilla. Bagi saya Granada adalah kota kecil yang cocok buat leyeh-leyeh holiday not for stay. Pusat kota Granada ini tidak terlalu besar, mostly isinya bangunan tua, di dalam gang yang indah dan colourfull.

Al Hambra si istana yang merupakan jantung dari Granada ini letaknya di atas bukit. Untuk masuk ke area istana, kalian harus beli tiket in advance dan milih slot kunjungan. Mengapa? Biar gak kepenuhan umpel-umpel an di dalam istana dan akhirnya gak bisa menikmati. Komplek Al hambra sendiri ini cukup luas, selain istana Nasrid (istana utama) ada beberapa bangunan benteng plus taman di sekitarnya, dan komplek ini tuh bisa bikin kaki pegel kalo mau bener-bener di jelajahi. Kita spend almost half day muterin al hambra. Sebenarnya ada lokasi lain yang letaknya not walking distance dari city centre nya Granada yang layak di kunjungi, tapi karena kita udah exhausted plus mesti ngejar bus berikutnya ke Cordoba, kita saving energy dengan leyeh-leyeh muterin pasar di Granada.

Lobby nya Nasrid Palace nih

Halaman depannya

Nyariin hostel Bonita ini yorobun

Exploring Cordoba, City of Volantis

Masih blum move on dari lokasinya si GOT, inget gak sih kalian ama jembatan volantis? Yang jadi tempat lari-lari an nya si Arya stark pas di kejar-kejar ama mbak dari sekte no face itu. Yup jembatan roman style itu letaknya di kota Cordoba. Hotel tempat kita menginap ketika di Cordoba juga benar-benar di depan Mesquita, masjid campur katedral, jantungnya Cordoba.

Cordoba ini kota nya lebih kecil lagi dari Granada, kalau Granada masih terasa aroma hijau-hijau pegunungan, si Cordoba ini nuansa nya lebih ke gurun pasir, alias coklat camel. Mesquita, jembatan volantis dan berkeliling di dalam gang-gang kota merupakan satu-satu nya kegiatan yang bisa kalian lakukan di Cordoba ini. Tapiiii bagi saya yang hobby doing nothing, Cordoba nih mayan selow dan cakep buat di eksplore lebih dalam ke gang-gang nya. But 2 days is more than enough kok buat muterin kota ini.

Jembatan Volantis nya kosong, kalau di film kan penuh bakul

inside Mesquita (bagian masjid)

Setiap sudut menarik, semua gang eksotis

Nengokin Messi di Barcelona

Sesungguhnya ide ke Barcelona ini mencuat di akhir acara, karena gak nemu tiket murah balik dari sevilla dan ya elah cuy udaj sampek spanyol masak gak ke barca. Trus keterusan, ya elah cuy udah sampek Barcelona masak gak nonton Messi main di camp nou. Jadilah kita nge pas-pas in waktu stay kita ama jadwal main nya si mas messi. Urusan pelik pertama adalah tiket, sebagai kaum proletar gak ada critanya beli tiket VIP yekan, dan untungnya kala itu kita masih kebagian tiket seharga 35 euro di tribun atas (jelas lah) dan duduknya berseling, bahkan pisah jauh ama rombongan mbak oka sekeluarga yang kala itu bawa toddler yang gak mungkin dong beli tiket paket hemat duduk kepisah. Jadi gimana penampakannya si camp nou? Dari segi stadion ya GBK bangku nya lebih OK sih, camp nou ini udah agak old dan nampaknya perlu sedikit di renov. Akan tetapi melihat antusiasme para penduduk Barcelona nonton bola tuh ada di level yang lain. Ini macem org malang nonton arema di kanjuruhan gtu tapi masiv. Semua metro penuh, jalanan tumpah ruah, seruuuuu pake banget. Walau saya cuma bisa liat Messi nge gol in dari jarak yang gak masuk akal buat bisa liat wajahnya, saya puas banget. 

Camp Nou pemirsaa

Hal lain yang kita lakukan selama di Barcelona ialah jalan-jalan dong, liat liat hasil karya nya si Gaudi yang sungguh beyond imagination. Iya para casa-casa nya Gaudi nih cantik dan unik. Trus ke La Rambla jalan-jalan di pinggir pantai yang penuh yatch dan para pedagang asongan. Terakhir kita ke Parc Guel, macem taman di atas bukit gitu gede banget plus bnyak hasil karya rumah unik-unik gitu. 

sunny winter di Barcelona
 

Malam terakhir di Barcelona kita habiskan dengan berfoya-foya, makan malam di restoran yang ternyata gak bisa di bayar pake kartu, dan ber ujung drama karena ATM di sekitar restoran agak crangky. Untungnya kita masih selamat dengan sisa-sisa cash yang ada. Oh ya Barcelona ini kota super turis, yang namanya copet, gendam dan kawanan nya udah kayak art di sni. Smooth banget mereka aksi nya. Sehingga banyak teman saya yang heran ketika saya alhamdulilah gak kecopetan sepeser euro pun di Barcelona. Jadi hati-hati, jangan pegang cash banyak-banyak, hp di tempat aman, kalau sewa mobil pake asuransi dan jangan nyimpen barang di dalam mobil. Karena teman cina saya ke rampokan total, gegara semua barangnya masuk mobil, dan mobilnya di buka paksa (kaca di pecah).

But overall Barcelona cukup cantik di luar ke cranky an nya soal copet dan pedagang asongan yang ya gitu deh.

Summarizing, jalan-jalan itu bukan buang-buang duit. You buy the experience, you buy memories. So ketika nanti bumi ini sudah sembuh dan kalian punya kesempatan dan uang silahkan di hambur-hamburkan dengan jalan-jalan.

Ditulis di Ghent 24/10/2020 sehari sebelum saving daylight time berakhir.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Trip ke Seoul, Kiblat nya Para K-Pop Lover

An amazing Eastern Europe Trip