After Five Years Waiting (Part 2)

Short Review

Ini merupakan kelanjutan dari posting After Five Years Waiting (part 1) kenapa saya buat per part?bosen kali baca nya kalo kepanjangan. Mau di bikin berapa part? rencana nya sih 3 kalo gak males. Ok back to the journey, hari ketiga dari rentetan perjuangan SBY-BKK-SR-KL-SBY adalah ke main destination kita yaitu Siem Reap (SR). Kita terbang ke SR via Bangkok pake Air Asia, dan dengan tingkat kepelitan kita yang menggila karena (1) gak beli bagasi (2) naik public transport ke Don Mueang Airport, sampe ruang tunggu bandara punggung kita udah meronta ronta. Tapi saya masih inget betul pagi itu di ruang tunggu kita jadi satu-satu nya wanita Indonesia dengan Backpack yang menggoda iman para tetangga (thanks to Eiger). Alhamdulilah nya lagi walo mata saya sepet kurang tidur, punggung capek gendong backpack 40 ltr, radar saya untuk nyari tempat duduk with a good view masih oke, view di depan saya adalah mas-mas bule ganteng yang judes abis tapi sungguh setara ama Keanu Reaves nongkrong nunggu flight yang sama. Merujuk pada pemandangan ruang tunggu yang 80% isi nya manusia berkulit pucat saya langsung SEHAT.

Flight menuju SR dari BKK ditempuh selama kurang lebih 40 menit, dan 40 menit itu saya habiskan dengan ndomblong plus bergosib ama intan. Apa yang kita bahas?di depan kita ada ibu-ibu afro amerika yang lagi holidei bawa LIMA ANAK (penting bgt di capslock) betapa cetar nya si ibuk, dan anak-anak ini 3 di antara nya masih BALITA, gusti Allah kita yang liat aja capek. Trus ada mas-mas bule di sebelah yang mungkin kasian ama si ibuk yang heboh menenangkan salah satu anaknya  yang rewel dengan cara niup balon, you know what ketika si balon lagi di tiup, mbleset dong, dan mendarat tepat di pangkuan saya yang super duper kaget, yoweslah itu balasan bagi gadis yang alih-alih mbantuin si ibuk malah bergosib.

The Airport of Siem Reap

Sebelum saya ngomongin airport nya Siam Reap yang punya atap kayak tanduk (remainds me akan minangkabau airport) saya mau ngomongin suhu nya pemirsa, suhu di sana panas pake banget. Sebagai orang yang hidup dekat dengan garis katulistiwa, ketika saya komplain panas berarti ini udah gak masuk akal panasnya. Setelah saya check, buset jam 11 siang aja suhu nya almost 40 degree celcius, leleh eikeeee.
Bagaimana dengan facility dan infrastructure bandara nya?bandara nya masih baru, baik gedung terminal maupun runway nya. Tahun 2016 dia baru bkin bandara yang manusiawi, gmn tahun-tahun sebelumnya ya. Sebagai international airport bandara SR ini tergolong kecil setara dengan bandara Adi Soemarmo Solo lah, fasilitas cukup memadai, toilet bersih, counter check in rapi, imigrasi juga antriannya wajar gak pake drama, dan ada mushola loh jangan salah. Btw saya berusaha mencari photo bandara nya tapi gak nemu.hiks

 Dari airport ke Downtown GAK ADA angkutan umum, lebih tepatnya kayaknya gak ada angkot ato sejenisnya di kota ini. Terus gimana dong? ini tergantung kecerdasan anda dalam memilih hotel, ketika datang ke kota yang masih minim angkutan macem gini saya jelas akan milih hotel ataupun hostel yang menawarkan jasa jemput gratis di airport. Hal serupa saya lakukan ketika saya mengunjungi kota Hanoi di Vietnam, menurut saya lebih efektif dan efisien. Terus dijemput pake apaan kita?bisa milih antara pake mobil atau tuk tuk. Kala itu saya memilih di jemput mobil lah ya (nyonya style) adem gak panas kena debu. Oh ya jadi SR ini merupakan meeting point kita dengan para anggota PKK prajab yaitu Bu UCi yang berasal dari Palembang dan Mb Rin yang berasal dari Medan. Mereka malam sebelumnya sudah berjumpa di KL untuk bareng-bareng ke SR. Karena penerbangan kita jam nya beda (sya lebih pagi) jadi penjemputan di lakukan 2 kali oleh pihak hotel.

Mata Uang

Sebenernya Kamboja ini punya mata uang yang bernama Riel Kamboja, akan tetapi entah kenapa warganya gak doyan dan gak cinta ama mata uangnya sendiri sehingga mata uang ini jarang di pakai. Jadi mereka transaksi pake duit apa dong?USD yap mereka pake USD pemirsa, situ tawar menawar tuk tuk ampe beli es krim tung tung pake USD, kebayang dong jadi nya segala-gala mahal karena harus di kurs kan ke USD. Trus kalo kembaliannya gak bisa di USD kan, misal belanja di supermarket ato KFC gmn? susuk ato kembalian nya di campur pake riel kamboja. Oh ya jangan coba-coba tuker riel kamboja di bandara, karena rate nya jelek banget. Terus gak usah kecentilan tuker riel, tukernya USD ajah, sekian dan terima kasih.Oh ya satu lagi bagi kalian yang punya pecahan dollar lecek silahkan di bawa ke sni, dijamin laku.
wujud si riel kamboja
Accommodation

Pilihan hotel kita selama di SR jatuh pada Hollywood Angkor Boutique Hotel. Hotel ini lumayan murah yah skitar 25 USD semalem, letaknya dekat dengan night market, gratis airport transfer dan hotelnya bagus.  Saya kira saya akan ketemu hotel sekelas Amaris di sana ternyata lebih bagus, kamarnya luas, kamar mandi juga OK, pelayanan prima dan gratis sarapan. Ya sarapannya jangan di bandingkan dengan sarapan di hotel bintang 5 lah ya, ini so so ajah. Kita juga pesan tour keliling angkor area pakai jasa hotel, yang kemudian berakhir tragedi.
Ceritanya kita bayar paket tur termahal yaitu 50 USD dengan asumsi kita seharian di ajak keliling angkor sampai yang paling jauh lokasiny. Karena mikir it will so hot if we take tuk tuk makanya kita pilih pake mobil hotel dengan tarif yang lumayan mahal ini. Kenyataannya dia konsen paka paket tur, kita dilewat-lewatin ajah di tiap lokasi, udah gitu sopirnya jutek, padahal sebelum book pihak hotel sudah saya wanti wanti saya mau private tour, karena saya mau sesuka saya berhenti di mana dan nongkrong di mana, mengingat hobby saya yang suka gak jelas nongkrong di pinggir candi. Tur bersama si supir ngeselin ini hanya kita lalui tak lebih dari setengah hari, karena sudah gondok setengah mati dengan semua bualan nya saya pake acara nge damprat si sopir dan saya minta balik ke hotel. sampe hotel saya udah gak mau ngobrol ama si sopir dan langsung nge damprat si manager, yang bener aja lo ngasih gw yang kayak begini, akhirnya si sopir dan manager berantem di luar, sya di servis di lobby hotel dan duit saya di balikin 30 % ya sudahlah.
Berikutnya apa yang kita lakukan? saya sholat, leyeh-leyeh nagdemin otak, trus jalan ke pengkolan, nyegat tuk tuk dan tur lagi ke angkor pake tuk-tuk. Moral of the story : jgn hobby damprat dan tetap ngambek (ehhhhh), gak ada moral of the story ny intinya kamu berhak menanyakan dan menuntut hak mu di mana pun itu MERDEKA!!!

Angkor Temple


Tujuan nya orang mahal-mahal dan jauh-jauh dateng ke SR itu cuma 1 yaitu tur liat candi ampe bego. Kenapa ampe bego?se kota ini isinya candi tok, mau di puterin seminggu juga belum tentu kelar. Oleh karena itu tiket masuk kawasan angkor ini macem-macem ada yang 1 day pass, 3 days ampe 7 days pass. Gimana cara beli tiket terusan ini? jangan kuatir pariwisata per-candian di sna udah sangat maju dia punya kantor sendiri khusus untuk melayani penjualan tiket ini. Dan karena ini tiket terusan mereka sudah mewaspadai adanya tiket yang di pinjem-pinjem, akhirnya tiket masuk angkor ini KECE banget bentuknya kayak KTP ada tanggal berlaku dan poto diri pemirsa. Baru kali ini saya takjub dengan sistem tiket masuk candi yang heboh ini. Oh ya tiket masuk ke area Angkor ini lumayan menguras dompet, 1 day pass di banderol 20 USD, tapiiii worth it sesuai banget kok ama atraksi yang di tawarkan.
tiket nya keren kan
Saya iri ama para bule yang bisa seminggu ngendon di kota ini puas pasti. Kenapa saya bilang bisa seminggu gak kelar mutering candi nya?jadi cerita nya SR ini dulu adalah pusat kerajaan Hindu terbesar di Asia Tenggara pada jaman dahulu kala (baca sendiri buku sejarahnya ya) jadilah banyak bangunan candi yang ber arsitektur luar biasa dan antara 1 candi dengan yang lainnya beda-beda. Ok kali ini sya akan menjelaskan secara singkat dan semoga jelas tentang candi-candi yang saya kunjungi.
courtesy of Angkor travel.com

Angkor Watt
Angkor Watt ini bagus di kunjungi kala sunrise, view nyunrise di sini tiada dua nya, saya udah muterin asia tenggara khususon buat nyari view sun rise dan sunset dan saya belum menemukan yang lebih OK daripada Angkor Watt untuk view sunrise nya. Yang perlu di ingat adalah ada lusinan orang yang juga pengen nonton sunrise di tempat yang sama, jadi kesabaran dan toleransi sangat di butuhkan di sini. Aktifitas apa saja yang bisa di lakukan?banyak, situ mau main voli di lapangannya angkor watt jugak bisa, tapi kalo saya kan pemalas ya saya cuma duduk-duduk poto-poto, ngemil, nge gosib dan aktifitas tak bermutu lain nya. hahahaha this is what i called holiday. Here I give you some of sunrise picture and a wonderfull interior of the famous Angkor Watt.
sun rise view nya cetar
di balik photo sunrise yang cetar terdapat pergelutan yang bar-bar rebutan tempat


inside the temple
The Gate 

Gate ini bukan candi, tapi merupakan sebuah jembatan dengan sentuhan artistik yang bikin kagum. jadi setelah kluar dari area Angkor Watt yang sangat keren itu kita akan melewati taman-taman plus parit yang mengelilingi angkor watt trus akan di bawa ke kompleks candi lain they called it small circle area. Saya emang kurang survey jenis dan bentuk candi yang akan di kunjungi apalagi sejarahnya, kalo ada yang punya referensi buku sejarah kerajaan-kerajaan hindu, budha dan islam di asia tenggara boleh lah saya di info.  Back to the gate, konsep dari kebanyakan kerajaan masa lalu adalah kota (temple) selalu di kelilingi oleh parit atau sungai (ini based on pengamatan di Chiang Mai, Ayuthaya dan Mandalay) jadi menurut sejarah setelah ganti raja pusat pemerintahan yang tadinya di letakkan di Angor, di geser sedikit ke utara, yaitu di area bayon temple, area ini di kelilingi oleh parit dan di setiap gate (gosib nya ada 4 penjuru mata angin) semua di kasih ornamen patung yang menggoda iman gtu. Akan tetapi dari semua gate yang saya lalui, cuma north gate yang masih OK dan terawat. Jadi gimana sih wujudnya si gate? here i give you some of amazing view of north gate.
the gate
wajah patung yang berjejer ini BEDA semuah
Bayon Temple
Bayon temple ini terkenal akan patung senyumnya yang gosibnya sangat natural dan terpahat rapi. Ternyata itu bukan hanya gosib pemirsa, beneran baru kali ini saya lihat ada candi yang di bikin dengan tingkat keniatan yang sangat tinggi. Ada beberapa patung wajah senyum ini, dan semua nya beda, mungkin orang nya sama tapi bentuk senyumnya beda. Tiap tower (I called bangunan yang bagai menara menjulang dari tiap candi sebagai tower) punya 1 wajah senyum yang menawan hati. 
Apa kegiatan utama saya di Bayon temple (1) ngelus kaki, sumpeh ini adalah ajang naik tangga yang ngalah-ngalahin derita ngajar di D9 lantai 4 tanpa lift 4x sehari (2) poto-poto ampe bego, tiap sudut menarik, tiap sudut unik, memori kamera penuh jendral (3) kipasan sambil ngiyup di bayang-bayang candi, panas nya gak sante pemirsa.
Smile face of bayon temple

ibu-ibu PKK on action
Royal Palace
 Setelah puas olahraga di Bayon temple, arena olahraga kita pindah ke candi di sebelahnya yang gosibnya dulu adalah royal palace. Emang tempatnya keren, entrance gate nya mempesona, panjang dan kayaknya dahulu kala di kelilingi kolam-kolam cantik. Itu penampakan luarnya kece abis emang, tapi kalo mau explore ke dalam eng ing eng ada tangga yang ah sudahlah saya tau sekarang resep langsing nan singset dari para gadis kamboja, pasti nenek moyang mereka bukan seorang pelaut seperti kita, tapi arsitek yang hobby bikin candi yang memiliki tangga ngajak berantem. So dalam arena olahraga kali ini hanya dua orang yang gak sadar usia dan memutuskan untuk racing bersama bapak-bapak Korea yang gak ada mati nya yaitu saya dan Intan, sedangkan bu uci dan mb rin mengibarkan bendera putih dan memilih untuk minum jus sambil curhat di pawah pohon. So worth it nggak kamu olahraga ampe ngos ngos an ke atas?worth it banget, view yang di dapet warbysah, foto yang di dapet juga warbyasah. Satu bonus lagi, selain bapak-bapak Korea kita ketemu ama bnyak pemuda pemudi bule baik yang bergerombol maupun yang solo, jadi ketika kita modus minta potoin tentu lah saya (bukan kita) karena si Intan udah punya cincin di jari manisnya, minta bantuan mas-mas yang minimal mirip Brat Pitt lah.
main building of royal palace
entrance gate nya si royal palace
view from top level of the palace
Arena Olahraga

Maapkan saya yang kurang tau apa sebenernya nama arena olahraga ini. Kenapa saya sebut arena olahraga?nampaknya tempat ini adalah lokasi tempat para atlet bertanding gulat atau latian perang atau adu tarung ama gajah. Tempatnya berupa panggung memanjang yang di sepanjang dinding panggungnya di kasih relief yang gambarnya kayak gambar atlet latian perang ama gajah gitu deh. (sorry for my unclear explanation). Apa menariknya tempat ini?gak ada yang istimewa sih, ingin menunjukkan saja bahwa jaman dahulu kala aja sebuah kota punya fasilitas yang lengkap begini yaitu temple (tempat ibadah), kerajaan (pusat pemerintahan) dan arena olahraga dalam satu area loh.
reruntuhan si arena olahraga
Phra Khan

Kuil ini sudah tidak di area small circle, agak keluar dikit dari gate. Kuil ini dahulunya adalah tempat pemujaan di kala full moon. Di semua dinding temple ada lobang-lobang yang menurut si bapak penjaga kuil adalah lobang tempat naruh DIAMOND, jadi ketika full moon dan ada pemujaan mreka glowing, bok kebayang dong kaya nya itu kerajaan punya berlian dalam jumlah melimpah di hutan belantara gitu. Temple ini cukup besar kita akan keluar di pintu yang berbeda dengan pintu masuk, dan kalo sopir anda baik hati (belum ngambek) km bakal gak bermasalah, tunggu ampe doi ngambek, pengen nelen orang kayaknya kita di  biarin jalan jauh tanpa rasa bersalah blas.
Oh ya pertama kali masuk kuil ini, kita less expectation ya secara untuk masuk kuil kita kudu jalan menembus hutan, trus kuilnya dari depan kayaknya datar-datar ajah, tapi begitu masuk eng ing eng detailing nya cakep sebagai structure engineer bahkan saya konsen liat joint balok kolom nya yang beberapa masih kokoh. Jendela-jendela di pahat cantik dengan relief yang cakep hampir di semua atrium, btw temple ini punya bnyak atrium (gak nyangka banget). Moto dari arsitek si candi mungkin adalah dont judge a book by its cover hehehehe.
tampak depan yang plain

majelis taklim yang heboh photo ama gate inside the temple
reruntuhan nya cantik banget
Ta Phrom

Ini kalo di pelem pasti ada acara nabuh genderang ketika kita mulai masuk area ta phrom, ya inilah candi fenomenal tempat mbak angelina jolie syuting Tom Raider (ketauan banget umurnya tontonannya Tom Raider). Ta phrom ini terkenal karena candi yang di lilit oleh akar pohon dan banyak pemandangan eksotis serupa. Kata fotografer ternama harusnya dateng ke Angkor itu pas musim hujan jadi lumut-lumut yang tumbuh di badan candi memberi efek glowing green cantik, ya kali kita mikir musim pak, kita cuma mikir tiket murah ajah.
Kita agak lama bergelut di candi satu ini, karena selain gede, kayaknya tiap sudut menarik buat di photo atau buat berpoto diri. Dan kita gak satu-satunya yang norak jeprat jepret tiada henti, ada grup anak muda bule yang sungguh ngeliatnya aja kita capek, dia poto tiada henti pake berbagai atribut dan pose, sampai kita juluki dedek-dedek One Direction. Ada lagi mbak-mbak Jepang yang perfectionis abis, angle nya miring dikit sesi poto DI ULANG pemirsa, kasian kan para ibu-ibu PKK yang udah desperate ngantri diantara dedek-dedek one direction dan mbak-mbak Jepang inih.

keren kan 
siapa yang gak pengen poto terus kalo view nya begindang
Pre Rup
Candi satu ini khususon buat nonton Sunset, sebenernya candi ini mau kita kunjungi terakhir di soer hari setelah dari banteay Sri, tapi karena gelut ama sopir tour kita akhirnya ke candi ini naik tuk tuk setelah islah ama drama tragedi tur yang membuat score speaking saya meningkat dari 5.5 jadi 7 dalam sekejab. Candi ini mirip prambanan tapi lebih kecil, tapi saya suka suasana yang di tawarkan yaitu damai, sepi, nggak berisik dan penuh dengan pemuda alay. Yang mengunjungi candi ini kebanyakan para turis yang sudah matang dan tidak terlalu demen foto. Mereka kebanyakan cuma pacaran (nangis di pojokan gw liatnya), merenung sambil nulis note (ini cita-cita banget), poto-poto tiada henti, atau bengong. Bengong yak itulah yang saya lakukan di candi ini, sambil ngelus sikil yang udah meronta saya menikmati angin semilir sore sembari nungguin sunset yang ternyata gagal muncul sore itu. Sedihkah kita?kagak kita mah orang nya selow hepi dimanapun berada, ada aj yang di gosipin tiap pindah tempat, inilah OK nya jalan ama cewek-cewek kurang kerjaan macem kitah-kitah.
sepanjang tangga kenangan
The temple
Shopping and Night Life
 Puas bergelut dengan debu dan candi apalagi retreat kita kalo nggak foya-foya belanja dan jalan-jalan di night market. ceritanya hotel kita walking distance ke area Pub Street dan night market nya SR. Walking distance ini dalam jarak yang wajar jadi nggak terlalu dekat sehingga nggak keganggu dengan hingar bingar nya pub street. Apa saja yang bisa di beli di night market? handy craft, kaos dan berbagai souvenir khas kamboja, tapi di sini harus pintar nawar. Misal untuk kaos bisa di tawar sampe 2 USD per pcs. Hal lain yang bisa di beli di sini adalah makanan khas yaitu manisan mangga, lotus seed dan kopi, ya kopi kamboja ini nggoreng nya pake vanila jadi aroma vanila terasa banget. Saya bukan penikmat kopi tapi temen kantor saya ada yang suka banget ama kopi jadi yaweslah saya menyenangkan banyak orang. Oh ya bicara soal mangga, saya sampe terpana lihat buah mangga di sini besar banget buahnya, manis dan melimpah. Jus mangga adalah cemilan wajib kami tiap jalan-jalan keluar. Bagaimana dengan makanan halal?Kita memercayakan hidup kita pada KFC yang ada logo halal nya, mengingat halal resto mahal, sedangkan makanan india mahal dan ber aroma menyengat. Kebayang dong panas-panas makan chicken curry yang medok abis.

Transportation

Moda transportasi paling gampang dan relatif murah di sini ialah tuk tuk. Per trip dari KFC ke hotel ialah 1 USD ya enough lah daripada laper-laper gempor jalan kaki. Untuk urusan nyari langganan tuk tuk semua temen saya mengacungi saya jempol pada pilihan driver saya. Jadi kita selama di SR punya langganan pak tuk tuk yang saya hire dengan random (berdasarkan tingkat kegantengan) yang bernama pak kan. Si bapak saya hire di pengkolan depan hotel ketika kita pertama dateng di SR untuk nganterin kita nengokin sunrise di Angkor. Kriteria supir favorit saya itu : penurut, murah senyum, dan gak maksa. Kadang klo di tempat wisata, sopir2 begini bnyak yang kelakuan nya minus kayak maksa-maksa nambah trip dan sebagai nya. Nah si bapak ini kagak, manut aja dia , kita ajakin nongkrong di pinggir candi gak jelas jugak nurut, udah gitu murah senyum dan tarif nya murah. Kemampuan bahasa inggris nya minim tapi lumayan paham lah ama mau kita. Ketika di tnya ama temen kok km pinter banget sih milih sopir jawaban ku percuma, tidak di imbangi dengan kecerdasan serupa dalam milih pacar. hahahahaha.
Jadi berapa tarif si bapak tuk tuk untuk liat sunrise?klo saya tidak salah ingat sekitar 10 USD ini sudah include ngaterin kita ke loket beli tiket dan sabar menuntun dgn bahasa tarsan gmn cara beli tiket day pass nya. Terus sore hari dia nganterin kita muter-muter candi plus nganter makan malam kita kasih 20 USD. Kemudian untuk ke airport tarif nya sekitar 7 USD murah.
pak tuk tuk

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Trip ke Seoul, Kiblat nya Para K-Pop Lover

An amazing Eastern Europe Trip

Obsesi Game of Throne di Andalusia