indochina here i come

Tanggal 12 januari 2012 adalah tgl yang saya nanti2 sejak 3 bulan sebelumnya. Saya dan 3 rekan kantor saya memiliki rencana untuk tour separuh indochina selama 5 hari tgl itu.Di awali dengan obrolan gak penting d tengah malam dengan yanuar plus akhyar saya berhasil merayu mreka tuk mengikuti obsesi sya berkunjung k kamboja-vietnam. Bukan tujuan wisata yg lazim buat sebagian warga indonesia. Tapi sya kan emang suka yang gak wajar.
Tiket sudah di tangan hotel sudah di book untuk berempat smua rencana sudah sempurna sepertinya hingga datang sebuah tragedi pertama.
Yanuar sakit masuk rumah sakit dan tidak memungkinkan untk ikut di tour ini.Kelabakan saya dan temen2 ngurus tiket air asia yang sangat tidak kooperatif soal refund tiket. Akhirny di H-1 tiket berhasil dijadikan semacam deposit di air asia yang bsa di pakai oleh teman saya nanti kemana pun dalam jangka waktu 3 bulan ke depan.
Tragedi kedua adalah pada hari H jakarta dilanda cuaca buruk yang berimbas si air asia gak brani terbang dan men delay penerbangan kita selama hampir 90 menit. Yang artinya kita sampe di ho chi minh city kelewat malam. Jam 10 kita baru mendarat di hotel Mai gia huy distric 1 benh tanh market padahal pagi nya kita berencana untuk cap cus ke siem reap dgn bis pagi.Yang mana kita blum punya itu tiket bus.Kita langsung mluncur k pham ngu lao tempat betebaran si travel agent dan tarararara pada tutup smua it travel tersisa 2 bji mungkin dan tidak ada yg bisa memberi kita tiket bus k siem reap untuk bsok pagi sold out smua. Akhirnya dengan gambling tingkat tinggi kita memutuskan tuk k pnom penh berharap bisa mendapatkan bis ke siem reap dari sana.
Pagi hari kita breakfast di hotel jam 7 pagi.Sarapannya enak cocok lah di lidah dan kita ktemu ibu2 rombongan arisan dr indonesia.Di sni tuh rasa nya sesuatu banget ktemu dgn yang sebangsa..brasa deh kluar negri nya.Dan si ibu2 ini langsung heboh crita2 tentang trip nya trus dia speachless ktika tau kita backpackeran k sini.Komen terakhir si ibu2 ktika ngeliat kita check out adalah..itu bawaanny cuma segitu aja jauh2 dteng k sini. Yup si ibuk terharu liat ransel kita secara doi bawa koper bok plus beli koper baru baut blanjaanny.
Jadi akhirnya kita ambil bus k pnom penh pake capitol. Kita bner2 blank gak kebayang it bis bentuknya kayak apa pasrah lah kita yang penting kita bisa sampe di pnom penh hari itu.Ternyata bis nya lumayan lah gak bagus2 amat juga gak rungsek2 amat. Dengan 12 dollar kita dpet bus ke pnom penh di saat injury time ya alhamdulilah lah.Perjalanan ny membosankan sodara2 gak ad pemandangan yg sedap mlah brasa kyak di pedesaan di indo gitu deh.Kita masuk perbatasan skitar jam 12 siang sgala urusan visa dll di urusin ama si bus. Kabar gembira ny ialah skarang indonesia gratis visa k kamboja yipiee.

at vietnam border welcome to cambodia
Setelah perjalanan yang cukup bikin bosen selama kurang lebih 6 jam sampailah kami d pnom penh. Langsung mencari bis menuju Siem Reap dan tidak menemukan yang cocok akhirnya kita stay d pnom penh. Say good bye to Siem Reap next trip i will reach you.
Not so bad lah pnom penh ini sore setelah kita berbenah d hotel kita dinner d restoran d riverside.Restoran bagus,view okay,mkanan enak,dan murah. Kita ber 3 mkan to the max cma abis 16 dollar saja padahal itu tempt makan lumayan lux loh.
riverside pnom penh diambil dr restoran oke

Setelah puas mengisi perut d riverside kita di anter keliling kota ama si tuk tuk.Pertama k night market smacam pasar dan yang dijajakan ya sama aj etapi menurut sya es tebu di sni paling juara. Es tebu ny di kasih jeruk dan perpaduanny pas harga nya murah. Makanan yang di tawar kan jg menggoda iman tapi kok smacam mengandung 'sesuatu'..hehehehe. Acara terakhir yg kta lakukan ilah k tugu slamat datang kamboja ini tugu bgusny klo malem klo siang mah hambar biasa2 aj.
tugu selamat datang di pnom penh
 Pagi hari kita sudah berencana untuk sesi city tour d pnom penh jadi kita sewa tuk tuk seharian buat nganterin kita muter2. Tujuan pertama tuol seng museum, sya sbenernya males bgt k museum ini yang gosibny mrupakan bekas penjara yg serem abis. Dan ternyata jeng jeng tu museum ngeri bgt aura nya manteb bgt buat d jadiin lokasi syuting dunia lain pdahal kita datengnya pagi2 loh. Jadi mnurut gosib dr 20 rb tahanan yang di bwa k sni cuma 7 orang yg selamet kluar idup2 ngeri gak tuh. Jadi isi nya ini museum itu poto2 tahanan, senjata2 penyiksaan,tengkorak2 yg di simpen d etalase gtu,kuburan,,wah top bgt deh buat yg suka ama yg horor2..hiii
hiiii...ngeri gak tuh aurany
yak inilah etalase tempat tengkorak2 d pajang

Gambar di atas cukup mendiskripsikan lansekap si tuol seng yang gak ad indah2 ny buat di jadiin tujuan wisata buat yang mau honeymoon mungkin.
Setelah puas keliling tuol seng museum kita meluncur ke royal palace.Ini royal palace menurut saya mirip ama istana2 di thailand. Very beautifull place for taking picture hahahaha. Di jamin buat yang hobby narsis gak ada abisnya poto2 di royal palace ini. Jadi Royal palace ini terdiri dari beberapa bangunan yang menurut saya bentukny mirip2.Bangunan utama nya berupa semacam pendopo yang di gunakan untuk acara2 kenegaraan penting mengingatkan saya akan kraton jogja. Tapi d bangunan utama kita tidak boleh poto2 cukup di liat ajah gak boleh di abadikan.
this is it royal palace

in front off the main building of royal palace
Royal Palace ini sangat luas sodara2 kalau mau seharian di sini juga gak ada abisny kluar masuk pagoda2 yang ada.Salah satu pagoda di area royal palace yang saya kunjungi adalah silver pagoda. Saya tidak tahu knapa dia disebut silver pagoda pdahal warnany gak silver. #i think lo ya
mnurutku yg warnany silver malah candi ini..heheheehe

Selesai berpetualang dengan palace dan kroni2 nya kita menuju wat pnom. Wat di sini berarti candi pemirsa jadi it candi terletak di atas bukit di tengah kota. Saya sudah mulai teler liat pagoda kayak nya saat it. Tapi di pagoda yang ada di wat pnom ini kita bisa moto loh gak kayak pagoda di royal palace
tyas and akhyar at watt pnom
Puas keliling di watt pnom kita menuju destinasi berikutnya yaitu museum merah. Aslinya saya gak tau itu museum namanya apaan yang jelas doi bangunanny berwarna merah. Isi museum  ini macem2 dari barang2 seni sampai penemuan artefak d kamboja. Lumayan lah buat yg suka wisata museum.Hal yang agak mengganggu di sni ada mbak2 yang ngasih sate melati gtu k kita buat berdoa katany trus kita di suruh beli itu melati amal cerita nya hadaah.
red museum hahahha
Acara selanjutnya adalah puncak dari segala city tour pnom penh hari itu. Kita belanja ampe gempor di russian market yap kenapa pasar ini di sebut russian market karena mnurut cerita dlu turis2 rusia klo blanja suka ke situ. Logis sih scara dlu kan si kamboja ini temenan akrab cuma ama rusia ya jd wajar klo turisny bnyak org rusia.
Setelah berjibaku dengan para pedagang d russian market akhirnya di peroleh sbuah sutra kamboja seharga 7 dollar,gantungan kunci 1 set seharga 2 dollar,tas seharga 6 dollar and many more its cheap already i think.
Setelah selesai belanja kita harus segera balik k hotel dan kembali ke ho chi mint. Di perjalanan pulang ke hotel saya ngotot minta d ajak ngelewatin depan royal palace lagi untuk take a picture ama burung2 merpati di depannya. Obsesi poto yang sungguh terlalu kata patner saya wkwkwkwkwk.