Journey to the west

Maret lalu saya dapet tiket promo citilink untuk ke Padang. Rute Jkt-Pdg pp di hargai 400 ribu saja ama citilink. Jadilah saya dan mb erma mengambil rute liburan singkat ke Padang. Kenapa memilih Padang?Jujur saya udah ngidam pengen ke Padang sejak liat tulisan mbak Trinity soal cubadak paradiso resort di Sumatera Barat.So Padang itu tidak melulu cuma bukit tinggi dan teluk bayur pemirsa. There was a hidden paradise called Cubadak island.
Jadi Padang ini kita jadikan sebuah kota transit untuk mengunjungi tempat2 wisata yang sudah ada di list kita. Rencananya hari pertama kita mau day trip ke Cubadak. Hari kedua kita mau ke Bukit tinggi dan Harau, nginap di Bukit tinggi lalu ke esokan hari nya turun ke Padang lewat danau Singkarak.
Kita sampai di Padang malam hari sekitar jam 8 malam. Kita menginap di brigette hostel yang terletak tak jauh dari jembatan siti nurbaya. Hostelnya cukup bersih dan sudah mengcopy konsep hostel di luar negeri. Pagi hari saya iseng jalan-jalan pagi ke jembatan siti nurbaya. Bagus sih cuma sayang tidak di rawat dengan baik, sampah-sampah tercecer di sepanjang jembatan.
siti nurbaya bridge
Awalnya kita mau minta anter sopir hostel untuk ke dermaga curocok tarusan,tempat kita di jemput team Cubadak Paradiso Resort. Tapiiii..di last minute si ibuk pemilik hostel baru speak soal harga nya yang alamak mahalnya 350 ribu per trip. Karena njiper duluan ama harga itu kita memutuskan tuk naek travel ato angkot avanza lebih tepat nya. Si angkot ini kebut kebutan kayak orang gila,dan parahnya lagi kita kudu beli double seat karena standartnya dia di tengah itu di isi 4 orang pemirsa. Belum selesai dengan si angkot, si sopir benar-benar gak ramah dan komunikatif ama kita. Dan hasilnya kita di puter-puterin,mending di turuninnya di tempat yang benar, kita di turunin di pantai curocok Painan kebablasan 20 km dari tujuan kita. Saking paniknya kita naek ojek yang ternyata gak kalah busuknya ama si sopir angkot, dia nyasarin kita hampir 1 jam ampe naik ke atas bukit-bukit gak jelas,udah salah ngotot lagi. Akhirnya perjalanan padang-tarusan yang biasa nya di tempuh selama 1,5 jam kita tempuh selama 3 jam lebih.
Sesampai nya di dermaga curocok tarusan orang nya Nanny si pemilik resort sudah nungguin kita dengan tabah bersama boat kecilnya. Untungnya kesebelan tingkat dewa pada para sopir-sopir itu menguap dengan indahnya pemandangan Cubadak Paradiso Resort ini. Begitu datang kita di sambut langsung oleh Nanny, bule Italy yg jadi pengelola resort ini. Nanny ini sangat baik dan lancar berbahasa indonesia. So kita di anter ke bungalow kita dan di persilahkan berenang sampe mampus di resort ini.
dermaga nya Cubadak Paradiso Resort
our bungalow
Jadi kita di ijinkan bermain di cubadak sampai jam 7 malam sama si Nanny. Dan ketimbang menyerahkan diri ke tangan angkot bar bar itu kita memilih bayar mahal demi di anter pulang. Oh ya si Cubadak ini memiliki jam mkan siang yang gak lazim pemirsa. Makan siang baru di mulai jam setengah 2 siang ,jadi mending bawa cemilan buat mengganjal,tapi jangan nyampah ya.Makan siang nya bener2 western punya,secara koki ny asing dan kita berdua menjadi satu2 nya pribumi di sana. Di tangan si koki terong yang enak di masak pake cuka apel yg gak yummy di lidah kita-kita.Lepas makan siang saya mencoba untuk snorkling ampe ke tengah dermaga,dan WOW ikan warna warni plus terumbu karang nya bikin mlongo. Ini cuma sekedar snorkling loh belum diving,pantesan si oma-oma inggris yg kita ajak ngobrol pas makan siang tadi betah nangkring di cubadak selama 1 bulan penuh khusus buat diving plus leyeh-leyeh.
typical pantai leyeh-leyeh
eksis di dermaga abis snorkling
Puas bersenang-senang dan ber poto-poto ria kita balik ke bungalow,bebenah sebelum mantengin sunset. Satu hal yang menarik dari kamar mandi di bungalow nya, eco friendly banget itu kamar mandi,jadi lantai tempat kita mandi di bawah shower itu terbuat dari kayu bolong-bolong,dimana air bilasan mandi kita langsung jatuh ke tanah.Kabar buruknya sore itu mendung banget jadi sunset nya gak dapet,yawsud kita poto-poto aja lagi di depan kamar.
akyu tak bisa merotate photo ini
Sekitar jam 7 malam kita pamitan ama Nanny,kita di antar beliau sampai naik boat di dermaga. Sesampai di dermaga Tarusan sudah ada Pak Bondan yang menjemput kita untuk di antar ke Padang. Pak Bondan inilah yang sangat berjasa mengenalkan kita ama eco cottage di harau yang bernama Abdi Homestay. Awalnya kita berencana buat nginep di Bukit tinggi esok hari nya tapi gara-gara cerita Pak Bondan ini kita putar haluan,Abdi Homestay pilihan kita di last minute sebelum keberangkatan.
Jadi esok hari nya kita jalan-jalan ke bukit tinggi ama mas Sigit,senior kuliah merangkap tunangan sahabat baik saya. Kita sewa mobil plus sopir selama 2 hari buat keliling bukit tinggi. Rute yang kita tempuh cukup bar-bar Padang-danau maninjau-ngarai Sihanouk-bukit tinggi-payakumbuh-harau-batu sangkar-pagaruyung-Danau singkarak-lembah anai-padang.
Perjalanan Padang-Danau Maninjau cukup datar kita lbh banyak tidur nya saking lempengnya. Sampai di Maninjau sekitar tengah hari,take a picture trus lanjut ke atas.
Danau Maninjau plus keramba nya
Lepas dari Maninjau di mulailah adegan memacu jantung,melewati kelok 44 yang bombastis itu. Dalam pikiranku yang namanya kelok itu ya normal jalannya berliku tetapi memutari gunung dengan konstan. Nyata nya dia menaiki bukit hanya dari 1 sisi,yang artinya jalannya bener-bener patah-patah nanjak,Sopir-sopir di sini perlu di kasih sertifikat ke ahlian nampaknya.Oh iya kalian dapat nenghitung sudah melewati berapa kelok,karena tiap kelok di kasih patok nomer gede-gede.
pemandangan dari kelok entah nomer brapa
Perjalanan yang memabukkan ini di akhiri dengan makan siang yang kesorean di ngarai sihanouk. Depot ini rame nya amit-amit yang di jual konsisten 'itiak lado ijo' ini bebek bener-bener yummy pedes,medok pass.Setelah  menggares si bebek dengan ganas nya kita membeli duren 3 biji sebagai dessert,dapat salam dari kolesterol.
view ngarai sihanouk dr taman
Selesai makan makanan sehat tersebut di atas kita lanjut ke taman yang punya view si ngarai. Ada sih opsi ke terowongan Jepang tapi kita memutuskan untuk kembali di saat sudah masuk terlalu dalam ke terowongan yang artinya selamat mendaki. Selesai dengan Ngarai Sihanouk kita menyusuri kota bukit tinggi. Tujuan pertama pasar atas dan the famous clock tower,Jam Gadang.
betapa lebarnya diriku
Dan tujuan makan nasi kapau bu Lis langsung kita skip mengingat kita barusan makan dengan liar nya di ngarai. Jadi kita ke jam gadang cuma buat photo dan shopping. Dan bahwasanya saya bisa di ketawain Lonely Planet kalo mereka liat brapa kantong plastik yang sukses saya tenteng sekeluarnya dari Pasar Atas.
tumpukan cemilan di Pasar Atas
View kota Bukit Tinggi dari Pasar Atas
Puas belanja kita meneruskan perjalanan ke tujuan berikutnya yaitu rumah Bung Hatta, salah satu proklamator kemerdekaan Indonesia. Rumah bung Hatta ini masih asri dan terawat. Yang paling saya suka adalah dinding kayu plus balkon di belakang rumah.
balkon yang cantik

Selesai jeprat-jepret kita langsung capcus ke Harau sangking takutnya kemalaman. Mas Iqbal yang punya cottage udah kita kontak pagi hari nya memastikan bahwa masih ada kamar kosong buat kita ber 4 di sana. Perjalanan ke Harau kita tempuh selama 1 jam,sudah hampir magrib ketika kita berhasil menemukan homestay yang bagus ini. Abdi home stay ini terletak di bawah ngarai di Harau,tepat di bawah air terjun kecil. Jangan di tanya betapa asri dan damai nya nginap di sini,konsep eco homestay yang di usung oleh mas Iqbal dan mb Noni begitu terasa di sini,salah satunya ialah no electricity,yup smua cottage cuma di bekali oleh lampu templek. Hari itu kita sangat beruntung, di cottage utama baru di pasang listrik demi untuk nge charge hp dll,jadi gak perlu repot tentang baterei.
ini loh penampakan cottage di Abdi homestay
Melihat photo di atas jangan kira dia mematok rate tinggi untuk nginep di sni. Mas Iqbal cuma mematok harga 125 ribu per malam. Harga yang sangat murah di banding fasilitas dan pemandangan yang kita dapat selama di sini.Makan malam kita di siapin mb Noni yang merupakan koki di Homestay mewah di ujung jalan di Harau. Ketika di tanya mau makan apa saya langsung reflek bilang ikan bakar. Dan terhidanglah ikan bakar yang enak luar biasa. Kita makan di serambi kamar sambil ngobrol ngalor ngidul. Saking rame nya kita tetiba ada seorang bule muda nan TAMPAN (yup sampek saya kasih capslock sangking yummy ny itu bule)bergabung ngobrol ama kita. Kita ngobrol ngalor ngidul sampai jam 10 malam dan si Yub bule tampan tadi kita tawarin ikut turun ke padang bareng kita besok siang (sebuah wacana yang cetar).
Pagi-pagi sekitar jam 6 kita memutuskan untuk jalan-jalan menyusuri daerah harau ini. Kita jalan kaki karena iming-iming dari adikny Mb Noni yang bilang kalo jarak dari homestay ke air terjun cuma 3 km. Walhasil kita ampe gempor menuruti '3 kilo' nya mas nya yang ternyata juauhhhh.
Ada 3 air terjun di area yang kita kunjungi,karena kita datangnya masih pagi jadi masih fresh dan belum banyak turis.
jalan menuju air terjun
nyepi di air terjun
Puas berkeliling air terjun kita balik ke cottage. Kali ini kita wez ogah jalan lagi dan akhirnya di jemput ama pak sopir yang baru bangun tidur. Kita muter-muter naik mobil keliling area harau dan tercekat plus berhenti untuk ambil poto di beberapa lokasi.
sumpah bagusan aslinya
Kita balik ke cottage karena kelaparan dan musti bekejaran ama waktu. Jam 10 kita sampe cottage makan,mandi dan mendapat kabar baik bahwa Yub si bule tampan mau ikut turun ke padang ama kita.Perjalanan ke padang kita tempuh dengan jalur yang beda ama kemaren. Kita mampir ke istana Pagaruyung trus mampir ke Singkarak. Sampai Pagaruyung udah siang banget yang ber imbas ramai nya gak ketulungan plus si Yub tetiba punya banyak follower yang berupa anak-anak kecil yang mungkin seumur-umur belum pernah ketemu bule.
Yub ini best part nya Pagaruyung
Selesai ber foto di Pagaruyung kita melipir ke Danau Singkarak. Ternyata danau ini besar banget dan terlalu ramai ama turis lokal. Kita ke sini cuma ambil foto plus beli ikan bilih yang terkenal enak nya.
Karena takut kesorean kita langsung balik ke Padang Panjang buat mampir makan siang di sate padang Mak sukur trus balik ke Padang via Lembah Anai. Lembah nya bagus,tapi karena di luar ujan kita langsung lanjut tanpa sempat ambil foto.
Danau Singkarak
Kita sampai Padang sudah cukup sore sekitar jam 4, setelah ngaterin si Yub kita lanjut ke toko oleh-oleh Christine Hakim yang letaknya gak jauh ama jembatan Siti Nurbaya dan hostel kita. Setelah memboyong sekerdus jajanan kita melipir di pinggir pantai Padang,nunggu sunset sebelum kita bertolak ke bandara. Cuma sekitar 15 menit kita nyunset di Padang karena harus buru-buru ke bandara. Tepat jam setengah 7 malam kita sampai di bandara dan langsung check in. Kita pulang naik pesawat Citilink jam setengah 8 malam. Citilink ini top lah dia on time dan memiliki pesawat plus pilot yang okeh,take off dan landing begitu smoth. This is the end of our journey, Ciao Padang see u next time.