Bagan in 24 hour

Inilah nasib pekerja Indonesia yang punya jatah cuti tahunan cuma 12 hari plus kepotong cuti bersama 6 hari. Semua org di jalan yang saya ceritakan nasib kita cuma berkata" ah poor you" atau "really?" macem saya ini becanda dengan kenyataan ini. Ya gak salah sih mereka sampe gak percaya gtu bandingkan dengan jatah cuti warga eropa yang kleleran dimana-mana itu mereka punya jatah cuti 40 hari dalam setahun, gak kepotong cuti bersama, tapi kerjaan beres-beres aja tuh. Dampak sistemik dari jatah cuti yang mengenaskan itu adalah kita gak bisa liburan di sambi leyeh-leyeh macem mereka, kalo bisa sehari kudu udah kemana-mana ampe gempor. Dan satu hal sulit yang harus saya takhlukkan adalah sudah uang gak ada waktu juga gak ada, suliittttttttttt. Biasanya traveler lain kalau gak punya uang pasti waktu nya panjang, macem traveler muda yang sering kita jumpai, atau para bisnismen yang gak punya waktu tapi duite akeh, jadi kmana-mana bisa naek pesawat. Ah sudahlah, mungkin ini slah satu kelebihan org Indonesia yang di rasa kreatif dan berotak cemerlang oleh Allah sehingga dikasih cobaan dalam hal traveling yang pelik macem ini. Dan biasanya org Indonesia baru bisa mampu travelling kalau sudah kerja, sekitar umur 24 tahun, yang mana wes ketueken dibanding bule brondong belasan tahun yang masih suka dapet diskonan masuk museum (tetep belum rela).
Jadi total perjalanan ke myanmar ini kita schedule kan selama 4 hari dengan jadwal mengunjungi 3 kota, yang jarak antar kotanya kagak santai banget jauhnya kira-kira berkisar 800km. Hal ini bikin kita jarang banget tidur di hotel, ada juga ngemper di bandara atau tidur sembari naik bus.
Di hari kedua myanmar trip ini kita sukses mendarat di Bagan dengan naik JJ transport yang berisi mahasiswa berisik yang dangdutan ampe tengah malem, untung saya bisa tidur nyenyak sangking capeknya. Turun dari bis saya berasa artis banget pintu bis dikerumunin bpk-bpk sopir taksi yang gak sante banget nawarin nganter ke hotel. Sekarang saya tahu kenapa mb Desy Ratnasari eneg banget dikerumunin wartawan, dan slalu bilang 'no comment' hahahaha. Untuk keselamatan bersama, akhirnya saya mlipir ke warung kopi di terminal sembari nunggu hari agak terang, fyi kita sampai bagan skitar jam 5 pagi,masih gelap, riskan untuk para gadis naik taksi di pedalaman gini. Setelah puas makan mie dan teh kita dengan santai menawar taksi dan deal dengan jarak tempuh 18 km doi minta harga 15000 kyat,cukup mahal tapi kita tak punya opsi lain. Sebelum di bawa pergi ama sopir taksi kita beli tiket bis ke mandalay dulu untuk besok,harganya sekitar 8000 Kyat,dan bis nya lumayan representatif.
Satu hal konyol yang harus kita terima sebagai turis asing di sini ,kita diwajibkan membayar ongkos masuk kota wisata, untuk masuk Bagan kita di tarik 15 USD sekali entry,,mak bisa cepet miskin kalo begini caranya. Tapi ya wes lah semoga ongkos tadi di pake buat merawat semua object wisata yang ada biar tetep cantik. Kali ini kita menginap di hotel Northern Breeze Villa yang terletak di area new bagan dengan rate 40 usd/nite include breakfast. Jadi kali ini kita menyadari kalau kita 'wes tuwek' gak sanggup lagi kruntelan di guesthouse bareng bule-bule muda yang biasanya party ampe pagi. Selain itu hostel & guest house di sni tdk bisa di book online, dan kita terlalu malas untuk nyari-nyari go show. Sedihnya gak nginep guesthouse itu adalah kita jadi minim kecengan para daun muda-daun muda itu hihihihi.
Setelah mandi dan meluruskan kaki sejenak di hotel (kali ini tanpa s ditengah) kita memutuskan untuk menyewa e-bike, semacam sepeda pancal elektrik lah karena turis dilarang nyewa motor cycle di sini. At the first time saya berasa kegedean body untuk naik sepeda nya Teletubies ini. But no longer after that kita ketemu banyak bule yang senasib, dan sedikit bersyukur ada yang lebih nista lagi perkara kegedean body naik sepeda ini.
So Temple di bagan ini buanyaaaak dan sporadis sak paran-paran,sepanjang jalan kita bisa sambil bengong ngelamun dipinggir candi gtu, karena menurut cerita tiap ada warga yang nikah ataupun meninggal kudu bangun candi. Mengingat waktu kita yang pendek, kita  akhirnya konsen menuju candi-candi utama yang sudah dilingkari sama mbak-mbak hotel. Tujuan pertama (lebih tepatnya candi gede yang ktemu pertama) ialah Ananda temple, candinya gede kubahnya putih dan di bangun pada abad ke 13, saat kita ke sana candi ini sedang di restorasi, di cat ulang biar tetep cantik.
Kuil-kuil kecil
Ananda Temple yang sedang di restorasi
Pulang dari Ananda lapar melanda, bingung cari warteg kita, akhirnya dengan sedikit bahasa tarzan, kita ditunjukin warung tenda di belakang ananda. Sambil memilih makanan yang macem masakan padang itu kita diajak ngobrol sama mas-mas bule Jerman yang ktanya jatuh cinta setengah metong ama Indonesia. Doi ke Indonesia udah 4 kali muter dari sabang ampe Raja Ampat, sebagai org indo saya miris, bok mahal gitu raja ampat gw blum punya duit buat ke sana. Soal makanan basicly its better ketimbang masakan kamboja yang amit-amit kagak ada yang beres itu. Semua makanan dihidangkan terpisah-pisah macem padang Sederhana, dan kita cukup bayar ikannya aja,sayur plus tehnya gretong.
Lalapan everywhere
Selesai urusan makan,plus bungkus seplastik cakue, kita meneruskan perjalanan ke candi-candi yang lain. Pengalaman ter epic kita adalah nyari candi tempat nyunset plus nyunrise yang bernama Shwe San Daw pagoda. Dengan baca peta berkali-kali plus tolah toleh gak karuan akhirnya ketemu juga itu candi, and the panorama view of this temple was amazing, gak sia-sia kita bingung nyasar-nyasar.
Intan and her 'teletubies bike'
Me enjoying the panorama view of bagan
Ketika heboh nyasar nyari panorama view ini kita ketemu dengan 2 org daun muda bule asal Inggris yang ngakunya sih tinggal di London. Kita hanya cekikikan nggosipin si bule yang lagi di kintilin ama pedagang asongan, aslinya kalo doi gak menarik gak bakalan juga kita gosipin, menurut saya si masnya kayak 'Frank Lampard'. Ketika nyunset di pagoda kita masih ketemu ama si Lampard ini, tapi pas sunrise gak ketemu, analisa dr intan si mas pasti naik Ballon over Bagan yang mahal itu. Itu kata intan klo kata saya pasti dia semalem teler trus gak bisa bangun pagi buat sunrise (suudzon ya saya) hahahaha. Acara liat sunrise dan sunset di bagan pun epic banget, rame pada berebut tempat, kalo saya sih nyari tempat yang ada pemandangan tambahannya,karena kadang manusia-manusia pemburu sunset ini kelakuan dan tampangnya lucu-lucu. Misal pas sunset selain ketemu ama si lampard, kita ktemu mas ganteng (yang sayang nya already taken) yang heboh dgn kamera DSLR yang monyongnya panjang2 itu, atau ada mbak2 bule yang lebih heboh selfie ketimbang moto matahari (doi berasa lbh kinclong dari pada the sun gt) dll. Ketika sunrise heboh lagi ada gitu yang mojok di bagian barat kuil pacaran serasa gak ada org lain,ah banyak deh manusia-manusia yang sipp banget ketika di sini.
Sunrise over bagan
Sunset at bagan
Yang heboh pacaran
Mas-mas suami org
Oh ya about Baloon over Bagan, kita gak naik ini balon selain karena mahal, kita juga gak punya cukup waktu untuk mencobanya. Sekali naik balon 320 USD mak sungkan lah saya ama slip gaji PNS, tapi saya dan intan sudah berencana ke sini lagi khusus untuk naik si balon udara. Dan tenang saja balonnya cuma 2 warna yaitu merah dan kuning kalo kata mas ariev sih terhindar dari kutukan 'meletus balon hijau' jadi aman, becanda hehehe balon ini aman di naiki dan seluruh operator plus supirnya dari Inggris jadi aman lah bukan amatiran. Kita pun tak sempat memoto dengan jelas si balon karena buru-buru takut jemputan bis ke mandalay datang. Over all 24 jam di bagan gak bakal cukup, mungkin 2 atau 3 hari di sini baru puas (puas ngeceng juga) hahahaha.
Baloon over Bagan
Old Bagan and New Bagan
Dharmayangi the bigest temple in Bagan

Mya Tida Temple
Tapi walaupun dalam waktu singkat dan dengan uang pas-pas an kita puas banget pas di Bagan. Dan satu lagi blessing yang diberikan Allah pada kita, selama di jalan kita berjumpa dengan orang-orang baik dan ramah,sehingga kita berasa aman sekali. Ah see u next time Bagan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Trip ke Seoul, Kiblat nya Para K-Pop Lover

An amazing Eastern Europe Trip

Obsesi Game of Throne di Andalusia